SEMINAR NASIONAL “PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB DI ERA DISRUPSI”

Pada tanggal 7 Februari 2024, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam OKU Timur dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, menyelenggarakan seminar nasional yang bertajuk “Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab di Era Disrupsi”. Acara ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antar kedua institusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Seminar nasional yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB ini dibuka untuk mahasiswa dan peserta umum yang tertarik dengan perkembangan pembelajaran bahasa Arab. Acara kali ini dilaksanakan secara daring, memungkinkan partisipasi lebih luas dari seluruh penjuru Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh narasumber dari kedua Perguruan Tinggi, yaitu Al-Ustadz Syamsul Aimmah, M.Pd, seorang dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam OKU Timur, dan Al-Ustadzah Rizkyana Wahyu, L. P. S.Ag, M.Pd, dosen dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, yang juga memiliki keahlian dalam pembelajaran bahasa Arab yang inovatif. Dalam seminar ini, kedua narasumber akan membahas berbagai aspek terkait pembelajaran keterampilan bahasa Arab di tengah era disrupsi yang ditandai dengan perkembangan teknologi dan perubahan paradigma pembelajaran. Peserta akan diajak untuk mendapatkan wawasan tentang strategi baru dalam mengajar bahasa Arab, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran jarak jauh, serta tantangan dan peluang dalam menyikapi perubahan tersebut.

Dengan adanya kolaborasi antara dua perguruan tinggi yang memiliki komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Arab, diharapkan seminar nasional ini dapat menjadi ajang untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, serta memperkuat jaringan kerjasama khususnya diantara kedua belah pihak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *