Mahasiswa STIT Nurussalam menjadi presenter pada Multaqa Nasional Bahasa Arab (MUNASBA) VI Universitas Al Azhar Indonesia

Jakarta, 28 Desember 2023 – Universitas Al Azhar Indonesia  (UAI) menyelenggarakan kegiatan Multaqa Nasional Bahasa Arab (MUNASBA) VI, dengan tema “Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus di Era Kecerdasan Buatan”. Salah satu mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam, Esther Heronica (Program Studi Pendidikan Bahasa Arab/Semester III) menjadi salah satu yang terpilih sebagai presenter dengan makalah berjudul “Penerapan Metode Langsung (Direct Method) dalam Pengajaran Bahasa Arab di Era Kecerdasan Buatan.” Kegiatan yang dilaksanakan secara hibrida (offline dan online) ini menjadi magnet bagi para akademisi dan mahasiswa bahasa Arab di seluruh Indonesia.

Acara yang diselenggarakan oleh Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Arab UAI pada hari Kamis, 28 Desember 2023, pukul 08.45 – 13.00 WIB, membuka pintu bagi seluruh dosen dan mahasiswa bahasa Arab untuk berpartisipasi melalui Call for Paper. Presentasi dalam MUNASBA VI ini diikuti oleh pemakalah dari dalam dan luar negeri dan memberikan wawasan yang mendalam mengenai perkembangan bahasa Arab di era kecerdasan buatan. Para pemakalah ternama seperti Prof. DR. Uril Bahruddin, Ketua Umum IMLA Indonesia, DR. Abdallah dari Sudan, dan DR. Rasya Karim Ali dari Baghdad, hadir dalam sesi pleno untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka.

Setelah sesi pleno, acara dilanjutkan dengan sesi parallel dalam breakout room Zoom. Sesi pararel ini diisi oleh pemakalah dari berbagai perwakilan kampus di Indonesia, antara lain UNIDA Gontor, STIT Nurussalam, Universitas Al Azhar Indonesia, dan Universitas Maulana Malik Ibrahim. Pemakalah dari berbagai lembaga pendidikan ini membahas beragam aspek terkait pengajaran bahasa Arab dan implementasinya di era kecerdasan buatan.

MUNASBA VI berhasil menciptakan forum diskusi yang produktif dan inspiratif, membuka ruang untuk pertukaran ide dan pengalaman di bidang bahasa Arab. Universitas Al Azhar Indonesia berterima kasih kepada semua peserta, pemakalah, dan panitia yang telah turut serta menjadikan acara ini sukses. Semoga pada kesempatan yang akan datang mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam dapat terus berpartisipasi aktif dalam kegiatan kegiatan serupa lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *