ADAKAN PELANTIKAN DAN RAKERNAS PENGURUS PPPBA INDONESIA : KAPRODI PBA STIT NURUSSALAM TERPILIH SEBAGAI PENGURUS PUSAT

Pada hari ini, Sabtu (16/12/2023), Perkumpulan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PPPBA) Indonesia melangsungkan acara pelantikan secara daring dan Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) untuk periode 2023-2027. Acara ini diselenggarakan mulai pukul 08.00 WIB hingga 12.30 WIB, dengan menghadirkan Pengurus Pusat IMLA, Pengurus Pusat PPPBA, Kaprodi terpilih, Dosen dan Mahasiswa prodi PBA se- Indonesia.

Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurusssalam, Al Ustadzah LP Nurjannah, M.Pd. terpilih sebagai anggota kepengurusan baru PPPBA periode 2023-2027 di bidang pengabdian masyarakat. Adapun kepengurusan PPPBA untuk periode 2023-2027 ini terbagi dalam sembilan bidang yang diharapkan mampu membantu memenuhi kebutuhan prodi PBA dalam implementasi Tridharma dan pengembangan PT. Sembilan bidang tersebut yaitu:

  1. Bidang Pendidikan dan Kurikulum
  2. Bidang Organisasi dan Jaminan Mutu
  3. Bidang SDM
  4. Bidang Kerjasama
  5. Bidang Penelitian dan Publikasi
  6. Bidang Jurnal Ilmiah
  7. Bidang Pengabdian Masyarakat
  8. Bidang Humas
  9. Bidang Usaha dan Dana

Dalam acara pelantikan Pengurus, Ketua Ittihadu Mudarrisi al-Lughoh al-Arabiyah (IMLA), Prof. Dr. Uril Bahruddin, memiliki kehormatan untuk melantik pengurus PPPBA periode terbaru. Dalam sambutannya beliau menyampaikan: “Sebagai pengurus PPPBA, tugas kita bukan hanya menjalankan amanah organisasi, tetapi juga memiliki tanggung jawab untuk memajukan bahasa Arab dalam pendidikan tinggi. Penguatan nilai, Penguatan kurikulum, dan Penguatan peraturan menjadi landasan utama untuk mencapai tujuan tersebut” .

Setelah acara pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan RAKERNAS secara daring yang dipimpin oleh Ketua Umum PPPBA Indonesia, Prof. Dr. Hanik Mahliatus Sikhah. Rapat ini terdiri dari pertemuan komisi perbidang yang dipimpin oleh koordinator masing-masing bidang dalam break room Zoom, kemudian dilanjutkan dengan rapat pleno berupa penyampaian hasil sidang komisi oleh perwakilan dari seluruh bidang.

Acara ini mencerminkan komitmen PPPBA dalam meningkatkan kualitas pendidikan bahasa Arab di Indonesia dan menegaskan bahwa bahasa Arab memiliki peran strategis dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan di tingkat perguruan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *