ADAKAN SEMINAR BERSAMA BIRO PUSAT KAJIAN SAINS ISLAM SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH NURUSSALAM OKU TIMUR

OKU Timur, (10/11/2023) Biro Pusat Kajian Sains Islam mengadakan seminar bersama dengan tema “Epistemologi Al-Qur’an dalam Membangun Sains Islam” dan menghadirkan narasumber Al-Ustadz M. Riyan Hidayat, M.Ag. beliau merupakan dosen dari IAI Al-Ittifaqiyah Indralaya Sumatera Selatan.

Seminar yang dihadiri oleh Dosen dan Tendik serta mahasiswa yang hadir secara langsung mapun secara daring. Dalam sambutannya Ketua STIT Nurussalam Al-Ustadz Mehdar Badrus Zaman, M.M. menyampaikan bahwa “pada zaman dahulu, para ulama menjadikan Al-Qur’an sebagai wujudan pertama. Menjadikan pondasi azasi untuk pandangan hidup. Oleh sebab itu, lembaga pendidikan Perguruan Tinggi khususnya Skolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam harus mengembalikan peradaban Islam semakin berkembang melalui kajian-kajian AlQur’an melalui Sains Islam”.

Sebagai narasumber, Al-Ustadz M. Riyan Hidayat, M.Ag. menyampaikan bahwasannya historisasi sains  dan AL-Qur’an di Islam, sains yang bersifat berubah-ubah dan bertumbuh pada teori yang dibuktikan secara empirik. Kebenaran sains yang lebih tebukti kuat semestinya selaras dengan apa yang tercantum dalam ayat suci Al-Qur’an”.

Dengan diadaknnya seminar ini diharapkan menmbah wawasan mengenai Al-Qur’an dalam membangun Sains Islam dan Sains Islam terus dkembangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *