KUNJUNGAN SILATURAHMI DAN PENANDATANGANAN MOU ANTARA STIT NURUSSALAM OKU TIMUR INDONESIA DAN MADRASAH UTHMANIAH (ABIM) PULAU PINANG MALAYSIA

Malaysia, 01 November 2023 Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam (STIT) OKU Timur Indonesia mengadakan acara kunjungan silaturahmi dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Madrasah Uthmaniah (ABIM) Pulau Pinang Malaysia. Acara ini bertema “Exploring the Future and Potentials of Islamic Education through Global Collaboration”.

Acara ini diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam dan diorganisir oleh Kantor Hubungan Internasional bekerjasama dengan Madrasah Uthmaniah (ABIM). Jadwal acara dimulai pada pukul 14.00 dan berlangsung di Bilik Mesyuarat Madrasah Uthmaniah (ABIM) Pulau Pinang, Malaysia.

Perwakilan dari STIT Nurussalam yang hadir dalam acara ini antara lain Mehdar Badrus Zaman, S.E., M.M. (Ketua STIT Nurussalam), LP. Nurjannah, M.Pd. (Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Arab), dan Riska Hasanah, M.Pd. (Kepala Kantor Hubungan Internasional).

Rangkaian acara dimulai dengan sambutan dari Madrasah Uthmaniyah oleh Ustadz Mohammad Fadzil bin Alias selaku Mudir Am ABIM. Selanjutnya, Ustadz Mehdar Badrus Zaman, M.M., memberikan prakata sebagai Ketua STIT Nurussalam. Pada acara ini, dilaksanakan pula pemaparan tentang Pembelajaran Bahasa Arab dengan metode Ath Thoriqoh Al Mubasyiroh (Direct Method in Teaching Arabic) oleh perwakilan STIT Nurussalam, Ustadzah LP. Nurjannah, M.Pd. Setelah itu, dilakukan penandatanganan MoU sebagai bentuk kesepakatan kerjasama antara kedua lembaga.

Tujuan utama dari acara ini adalah untuk menjalin hubungan kekerabatan sekaligus kerjasama kelembagaan antara STIT Nurussalam dan Madrasah Uthmaniah, yang berpotensi mengembangkan pendidikan Islam pada kedua negara. Sebagai kesimpulan, diungkapkan bahwa pada tahun ajaran mendatang, STIT Nurussalam berencana mengadakan program Community Engagement mahasiswa di Madrasah Uthmaniah dan madrasah lainnya di bawah naungan ABIM. Selain itu, direncanakan pula pengadaan beasiswa Nurussalam untuk siswa maupun alumni Madrasah Uthmaniah, sebagai bentuk dukungan dalam pengembangan pendidikan Islam di dua negara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *