PELATIHAN PENGELOLAAN LEMBAGA JURNAL BERSAMA LPPM STIT NURUSSALAM OKU TIMUR

OKU Timur: (18-19/10/2023) Pengelolaan OJS (Open Jurnal System) menjadi bagian yang penting dalam proses publikasi. Dengan adanya OJS, pengelola dapat mengatur proses publikasi mulai dari penerimaan, penyuntingan oleh mitra bebestari atau penyunting pelaksana, proses layout, hingga artikel siap diterbitkan seluruh proses harus menggunakan sistem online.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan OJS tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam OKU Timur mengadakan Pelatihan Pengelolaan Lembaga Jurnal baik yang dikelola kampus maupun prodi.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Dr. Thoha Firdaus, M.Pd.Si. yang merupakan dosen dari Universitas Nurul Huda. Pelatihan berlangsung selama dua hari, dimulai dari tanggal 18 – 19 Oktober 2023 di Sekretariat STIT Nurussalam OKU Timur. Selama pelatihan turut dihadiri oleh Ketua LLPM, Pengelola jurnal kampus dan pengelola jurnal Prodi baik MPI maupun PBA.

Dr. Thoha Firdaus, M.Pd.Si. selaku narasumber dalam materi pelatihan menyampaikan ada hal yang perlu diperhatikan awal dalam pengelolaan jurnal, dimulai dari nama jurnal yang akan dipakai, pembuatan OJS (Open Jurnal System) maupun tampilan-tampilan di dalam jurnal yang akan dibuat.

Selama pelatihan diajarkan betul dari awal pembuatan jurnal samapi proses publikasi. Harapannya, melalui kegiatan ini pengelola jurnal semakin bersemangat, sehingga tahun mendatang lebih banyak jurnal yang terakreditasi dan dapat naik peringkat SINTA nya serta lebih banyak yang terindeksasi global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *