BERUPAYA UNTUK MENINGKATKAN BUDAYA MUTU, STIT NURUSSALAM IKUTI PELATIHAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI PALEMBANG

NURUSSALAM – Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STIT Nurussalam, Al Ustadzah LP Nurjannah, M.Pd. mengikuti pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal yang diselenggarakan oleh Kopertais Wilayah VII Sumatra Bagian Selatan di Hotel Santika Premiere Palembang. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 15-17 Juli 2023 dan diikuti oleh 35 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di seluruh wilayah Sumatera Bagian Selatan. Pelatihan ini menghadirkan tiga orang pemateri yaitu Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag (Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementrian Agama RI), Siti Romadoni,  S.Kep.,Ners.. M.Kep (Fasilitator  SPMI Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wikayah II), serta Muhammad Affandi, M.Pd.I  (Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu UIN Raden Fatah Palembang).

Dalam kesempatan ini, Prof. Ahmad Zainul Hamdi sebagai Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementrian Agama RI menyampaikan harapan terbesarnya kepada Kopertais untuk mulai beralih menggunakan pelayanan secara digital atau online guna memberikan kemudahan layanan dan mencegah terjadinya transaksional. Seluruh PTKIS juga diharapkan agar berkomitmen meningkatkan dan menjaga mutu perguruan tinggi masing-masing guna meraih nilai maksimal akreditasi sehingga dapat membantu kemajuan dan keberlangsungan perguruan tinggi.

Penyelenggaraan sistem penjaminan mutu internal di perguruan tinggi dipandang perlu sebagai adanya pakta integritas para pimpinan dalam rangka mewujudkan komitmen menjaga kualitas dan keunggulan  dalam menyebarkan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai agama di Perguruan Tinggi Islam Swasta Indonesia. Sudah saatnya Perguruan Tinggi Islam Swasta di Indonesia memiliki, memahami, dan mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal di lembaga masing-masing. Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Koordinator Kopertais Wilayah VII Sumatra Bagian Selatan Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag, M.Si saat membuka kegiatan pelatihan ini.

Disamping itu, kegiatan pelatihan SPMI ini juga terselenggara sebagai wujud implementasi dari fungsi Kopertais yakni pembinaan dan pengawasan terhadap Perguruan Tinggi Islam Swasta. Melalui kegiatan ini, Kopertais wilayah VII ingin menekankan tentang pentingnya optimalisasi Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) di perguruan tinggi swasta demi menciptakan “budaya mutu” di lingkungan Perguruan Tinggi. Hal ini menjadi salah satu aspek yang penting dalam memperkuat dan mempertahankan standar kualitas pendidikan dalam menjawab tantangan zaman yang makin kompleks agar mampu beradaptasi, meningkatkan inovasi, serta memberikan pendidikan yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *