GO INTERNASIONAL, NURUSSALAM ADAKAN PERTEMUAN DENGAN ISLAMIC COMMITTEE OF BANGKOK THAILAND

Nurussalam – Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam OKU Timur adakan pertemuan dengan Dr. Teerawut Muhammad, salah satu Dewan Direksi (Board of Directors) Islamic Committee of Bangkok Thailand, dan juga salah satu dosen di King Mongkut’s University of Technology Thonburi. Pertemuan ini diadakan secara online pada hari Sabtu, 17 Juni 2023. Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalam, Al Ustadz Mehdar Badrus Zaman, M.M. dalam sambutannya (welcoming speech), mengenalkan Nurussalam sebagai lembaga pendidikan Islam yang telah berdiri sejak 1995 dan mengabdi untuk kemajuan pendidikan Islam. Beliau juga menambahkan, bahwa saat ini Nurussalam, telah memiliki perguruan tinggi dengan dua program studi, yaitu Pendidikan Bahasa Arab dan Manajemen Pendidikan Islam yang telah terakreditasi baik oleh BAN PT, sehingga dalam rangka memperluas relasi internasional, Nurussalam ingin mensyiarkan Islam di Thailand melalui program kolaborasi Internasional.

Wakil ketua bidang kerjasama, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Al Ustadz Dr. Zainuddin, M.Pd. memberikan pemaparan tentang jenis jenis kegiatan kolaborasi internasional yang ingin diadakan. Diantara yang beliau jelaskan adalah kolaborasi akademik, seperti pertukaran pelajar antar kampus dan seminar bersama; dan juga kolaborasi penelitian dan pengabdian masyarakat seperti penelitian bersama dan program mahasiswa mengabdi. Hal ini mendapat apresiasi dan sambutan yang sangat hangat dari Dr Teerawut. Beliau menyampaikan bahwa perkembangan Islam di Thailand masih dalam tahapan kesadaran beragama (awareness) sehingga penting untuk kegiatan syiar dan dakwah untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada masyarakat muslim tentang Islam. Dr. Teerawut berharap Nurussalam dapat memberikan pengajaran tentang Islam di sekolah sekolah Islam atau tadika tadika Islam di Malaysia.

Dalam pertemuan ini, juga dibahas tentang rencana kolaborasi dengan beberapa kampus Islam dan kampus yang memiliki fakultas agama Islam di dalamnya. Beberapa kerjasama dapat didiskusikan untuk direalisasikan termasuk diantaranya adalah pertukaran pelajar dan penelitian bersama. Pertemuan selanjutnya akan disusun dalam waktu dekat bersama beberapa kampus yang akan siap mengadakan kerjasama dengan Nurussalam. Targetnya pada akhir tahun 2023, Nurussalam akan berkunjung ke Thailand untuk penandatanganan MoU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *