Seminar Nasional Pengenalan Worldview Islam & Workshop Penulisan Serta Publikasi Artikel Ilmiah

Rabu – (16 – 17 November 2022) adakan seminar nasional pengenalan worldview islam & workshop penulisan serta publikasi artikel ilmiah, STIT Nurussalam OKU Timur dengan  bermitra bersarna beberapa perguruan tinggi  di Kab OKU Timur  dan Universitas Darussalam  Gontor Ponorogo. Kegiatan ini ak:an diikuti  oleh mahasiswa dan dosen internal  STIT Nurussalam sesuai  dengan  tingkatan dan tema kegiatannya, direncanakan akan diikuti  pula oleh mahasiswa/dosen dari  beberapa kampus  di Kab  OKU  Timur. 

Kegiatan ini direncanakan selama 2 hari yakni tanggal 16 – 17 November 2022 bertempat di Aula Khodijah STIT Nurussalam OKU Timur. Agenda ini mencakup tiga mata kegiatan, yakni Seminar Nasional Pengenalan Worldview Islam, dengan tema Pembahasan dan Pendalaman Konsep  Penting dalam Worldview Islam, Workshop Penulisan Karya  Tulis Ilmiah  bagi Mahasiswa, dengan terna Mewujudkan Mahasiswa Berkualitas dengan Terampil Menu/is Karya  Tulis Ilmiah, Workshop Penulisan clan Publikasi Artikel  Ilmiah bagi Tenaga  Pendidik,  dengan tema Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi Jurnal sebagai Sarana Penunjang Daya Saing Perguruan Tinggi.

Turut hadir dalam seminar ini yakni KH. Drs. Makinuddin (Mustasyar STIT Nurussalam OKU Timur, Mehdar Badrus Zaman, M.M. (Ketua STIT Nurussalam OKU Timur), Harda Armayanto, M.Ag. Ph.D (Universitas Darussalam Gontor – Ponorogo), Reza Hutama Al-Faruqi, M. Ag (Universitas Darussalam Gontor – Ponorogo) dan Syafrizal Fuady, M,Pd. (STIT Misbahul Ulum Gumawang OKU Timur). Diharapkan melalui  kegiatan ini, kajian Worldview Islam sebagai keunggulan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nurussalarn sekaligus ciri khas dari cara pandang yang sistematis clan agamis,  dapat tersosialisasikan dengan baik secara menyeluruh.

Dalam sambutannya, ketua STIT Nurussalam OKU Timur Al Ustadz Mehdar Badrus Zaman, M.M. menyampaikan bahwa “worldview adalah filsafat peradaban atau pandangan hidup yang apabila dikaitkan ke dalam islamisasi memiliki arti cara pandang atau berpikir sesuai dengan ke Tauhidan atau keimanan kita dalam kehidupan sehari-hari”.

Turut hadir juga K.H. Drs. Makinuddin selaku Pimpinan Pondok Pesantren Modern Nurussalam OKU Timur beliau menyampaikan bahwa tentang nilai-nilai tauhid dalam pendidikan, yang di mana tauhid merupakan landasan atau pondasi utama dalam hati seseorang. Orang yang bertauhid adalah orang yang segala aktivitasnya berdasarkan syariah Islam. 

Dalam kegiatan seminar nasional ini juga, dihadiri oleh beberapa narasumber diantarannya Ketua STIT Misbahul Ulum Gumawang OKU Timur, Syafrizal Fuady, M,Pd. yang dalam sambutannya beliau menyampaikan pemaparannya dihari pertama diadakannya seminar mengenai filsafat dalam ilmu tarbiyah beliau menyampaikan bahwa filsafat adalah induk dari segala ilmu yang apabila dikaitkan ke dalam pendidikan yang menjadi pola berpikir manusia secara mendalam sampai ke akar-akarnya dalam esensi yang menyeluruh dan mendasar.

Lembaga Pusat Kajian  Sains   Islam,  bekerja   sama  dengan   Lembaga   Penelitian   dan Pengabdian  Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi  llmu Tarbiyah Nurussalarn OKU Timur bermaksud mengadakan kegiatan  Seminar Nasional Pengenalan  Worldview Lslam dan Workshop Penulisan  dan Publikasi  Artikel Ilmiah  dengan  bermitra bersarna Universitas Darussalam  Gontor Ponorogo. Turut hadir narasumber dari Universitas Darussalam  Gontor Ponorogo yakni Harda Armayanto, M.Ag. Ph.D & Reza Hutama Al-Faruqi, M. Ag. Yang di mana beliau menyampaikan mengenai Kajian   worldview   Islam   sebagai   ciri   khas    seorang    muslim   melalui  implementasi pada tridharma perguruan tinggi serta mampu menulis dan mempublikasikan jurnal baik nasional maupun internasional.

Diharapkan melalui  kegiatan ini, nantinya akan  memberikan  sumbangsih kepada  masyarakat Islam  dalam memajukan dunia pendidikan yang Islami,  melalui  karya tulis dan artikel  ilmiah yang terpublikasi sehingga dapat memberikan kebermanfaatan yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *